Semangat Pagi Pagi Pagi Great People!
Hari ini masuk ke Hari Kedua GPMP V Batch 48 dan saya suka pertanyaan yang disampaikan Pak Yulianto sebagai narasumber hari ini.
Akankah Perusahaan kita masih ada dalam 15 tahun ke depan?
Pertanyaan ini relatable sih apalagi saat ini pandemi ya. Tapi sebagai contoh saja nih siapa yang menyangka kalau Perusahaan seperti Blackberry yang dulunya ngetop sebagai pilihan gadget paling trendy, saat ini sudah tidak menjadi market leader atau seperti Perusahaan Kodak yang mainly engage di kamera dan cuci filmnya saat ini juga sudah santer terdengar.
Pertanyaan yang menggelitik di atas sebenarnya berhubungan dengan materi hari ini yaitu mengenai Corporate Entrepreneurship. Entrepreneurship atau kewirausahaan tidak hanya harus dimiliki oleh seorang pengusaha loh, karena karyawan yang ada di Perusahaan perlu memiliki Corporate Entrepreneurship di era disrupsi ini.
Proses Corporate Entrepreneurship memiliki 3 alur yaitu Strategic Renewal, Corporate Venturing dan Innovation. Pertama, Strategic Renewal yaitu melakukan pembaharuan strategi setelah melakukan analisis terhadap kondisi eksternal (bisa menggunakan Five Forces Model untuk memetakannya). Kedua, Corporate Venturing yaitu menunjuk suatu organisasi yang bisa mendeliver dan mengimplementasi ide-ide menjadi produk seperti fungsi dari MDI di telkom Group. Ketiga, inovasi yaitu implementasi yang sukses dari creative ideas yang baru dan useful.
Dan dalam meluncurkan ide inovasi, hal yang perlu diingat adalah membuat produk yang memberikan value ke customer. Kalau customer ga butuh produk kita, gimana bisa sukses di pasaran, ya kan?
Nah, untuk menyusun strategi tersebut, kita bisa menggunakan Business Model Canvas yang sangat powerful untuk memetakan strength and weakness dari Perusahaan dan bisa mengisi kekurangan dengan potensi potensi bisnis yang bisa diambil.
Semoga sharing hari ini bermanfaat and enjoy your day!
#VirtualGPMP #GPMPVBatch48 #GPMP5batch48
Tidak ada komentar:
Posting Komentar