Insight I got from 3rd Day of GPMP about Strategic Management

 


Materi yang saya dapat di hari ketiga pelatihan GPMP V Batch 48 ini memberikan insight baru untuk saya bahwa dalam mengaplikasikan Strategic Management di Perusahaan diawali dengan memahami faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi jalannya perusahaan. 

Dalam memformulasikan strategy (strategy formulation), kombinasi yang pas antara faktor internal dan eksternal Perusahaan akan menentukan strategi apa yang dipilih sesuai dengan visi, misi, serta resource yang dimiliki Perusahaan dan untuk menghadapi market. 

Untuk memudahkan dalam menyusun strategi tersebut, kita bisa memulai dengan melalukan environmental scanning menggunakan PESTEL Analysis yaitu analisis terhadap aspek Politic, Economy, Social, Technology, Environment, dan Legal. Lalu untuk positioning Perusahaan kita secara internal yaitu resource yang ada di Perusahaan, metode yang bisa digunakan yaitu Value Chain Analysis atau VRIO Framework. Untuk melihat faktor eksternal yang memengaruhi Perusahaan, kita bisa menggunakan Five Forces Model dengan melihat ekosistem industri yang digeluti dan melihat apakah persaingan antar kompetitor itu sehat atau tidak, daya tawar supplier dan daya beli customer tinggi atau tidak.  

Ref : Presentasi by SBM ITB tentang PESTEL Analysis


Setelah itu, kita bisa mendapatkan big picture Perusahaan atas Strength (S), Weakness (W), Opportunity (O) dan Threat (O) dari faktor internal dan eksternal dengan mengombinasikan hasil dari analisis tadi ke dalam matriks SWOT, dan untuk menyusun output strategi yang bisa mencover SWOT tadi, kita bisa mengombinasikannya dalam TOWS analysis yang bentuknya bisa menjadi S-O, S-T, W-O, atau W-T. Tentunya disesuaikan dengan what would work best for the company.




Semoga sharing hari ini bermanfaat untuk greatpeople semua, stay healthy and enjoy your day!
#VirtualGPMP #GPMPVBatch48 #GPMP5batch48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar