My First Ever GPMP (Great People Management Program) secara virtual!

 

Ref : pqmconsultant

Assalammualaikum Great People!


Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan lancar semua urusannya yaa. 

Jadi ceritanya begini... 

Setelah sebelumnya saya sempat meminta delay ke Bapak AVP unit saya karena jadwal saya seharusnya bulan Februari 2021 lalu itu sudah full oleh penjadwalan training dari unit saya, akhirnya saya mendapat jadwal GPMP minggu ini yeay!

Saya sangat menunggu-nunggu untuk dapat join di Program ini karena ingin sekali menambah pengalaman dengan mendapat ilmu soal Human Relations, Management dan Strategic Management yang bisa diaplikasikan di Perusahaan. Karena sedang pandemi, kegiatan GPMP ini dilakukan secara virtual deh, instead of going to Gegerkalong. Hehe, gapapa! Saya tetap sooo excited

Senang banget hari pertama GPMP V Batch 48 ini materinya saya suka banget, karena relatable! Topiknya mengenai Leading Change, mempelajari tentang how to communicate and lead others starting from understanding ourselves first

Materi Leading Change hari ini disampaikan dengan sangat baik oleh Mba Nurfaisa Hidayanti dan dibantu oleh Dany Muhammad Athory dari SBM ITB. Dari penjelasan materi hari ini, saya jadi mengerti bahwa sebelum menjadi leader itu sangat penting untuk mengenal diri sendiri dan mengetahui strength dan weakness dalam diri sehingga bisa menjadi percaya diri dengan kemampuan kita dan menerima diri kita apa adanya (Intrapersonal Skills).


Dengan begitu, barulah bergerak bersama tim akan menjadi lebih mudah dengan mengaplikasikan interpersonel skills. Dan setelah itu barulah berkembang menjadi leadership skill yang ditunjukkan secara unik oleh masing-masing individu berdasarkan mixed application of influence, insight, sense dan pengalaman yang pernah dialami.


Dan menurut saya, poin paling penting yang harus dimiliki seorang Leader namun sering kita lupakan itu pentingnya kemampuan mendengarkan aktif (Active Listening). Walaupun saat ini belum menjadi seorang leader di unit saya, tapi saya memahami mengapa hal ini menjadi sangat krusial. 


Sebagai seorang pemimpin suatu hari nanti, penting sekali mendengarkan pendapat dari beberapa sudut pandang terhadap suatu case yang kita hadapi di Perusahaan dan atas masalah tersebut, leader yang baik tentunya harus memberikan solusi yang bisa memenuhi best interest (win win solution) dari beberapa stakeholders. Hal ini pasti tidak mudah, karena situasi ini seperti kita harus membayangkan dan merasakan standing in each personel's shoes.  


Setelah memahami permasalahan yang ada dan masing-masing pendapat itu, baru seorang leader bisa memberikan perubahan dengan solusi yang terbaik dan bisa mengakomodasi kepentingan Perusahaan, tentunya dengan memilki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga bisa menyampaikan mulai dari masalah yang ada, dan bagaimana solusi untuk menyelesaikannya.


Sekiranya itu insight yang saya dapat dari materi Leading Change hari ini dan saya akan coba untuk aplikasikan di keseharian saya. Semoga bermanfaat untuk greatpeople yaa!

Tetap semangat dan keep going on!

See you all on the next post and on tops, great people!

#gpmp5batch48 #virtualgpmp5 #GPMPVBatch48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar