Ied 1441 H, Suasana Berbeda dengan Makna yang Spesial

Alhamdulillah, setelah berpuasa full satu bulan dengan kondisi pandemi seperti sekarang dan mengharuskan untuk #dirumahaja, Lebaran sudah di depan mata kita. 


Saya bersyukur sekali bisa bertemu bulan puasa dengan kondisi saat ini, walaupun saya sedih karena tidak bisa shalat tarawih dan kajian di masjid. Jadinya, saya tarawih di rumah bersama keluarga dan ikut kajian online saja. Semoga Allah menerima semua amalan ibadah kita selama Ramadhan ini yaaa. 


Banyak hal berbeda yang terjadi di Ramadhan ini sebagai dampak dari pandemi ini. Misalnya, kita biasanya shalat tarawih di masjid, namun sekarang di rumah. Lalu, biasanya ada anak - anak kecil lari-larian di masjid ketika menunggu waktu sholat, namun sekarang tidak terdengar. Biasanya ramai sekali undangan buka bersama (bukber) mulai dari teman kantor, teman SD, SMP, SMA, teman kuliah, namun sekarang buka #dirumahaja bersama keluarga. Rasanya Ramadhan tahun ini sepi, suasana berbeda tapi tetap syarat akan makna. 


Salah satunya yang saya rasakan di Ramadhan kali ini adalah benar-benar menjadi waktu terbaik untuk Muhasabah diri. Saya bertekad semoga ke depannya bisa lebih baik dalam beribadah dan menghargai segala bentuk interaksi dengan orang lain. Setelah adanya pandemi covid ini, saya jadi merasa kangen sekali dengan segala bentuk interaksi sosial dengan teman-teman. Dan saya melihat banyak juga teman-teman saya yang tidak mudik, jadi ya stay connected dengan keluarga dan teman-teman itu yang harus tetap dijaga. Sekarang sejak pandemi ini, udah lazim malah videocall sama keluarga pakai aplikasi zoom/umeetme, daripada yang biasanya pakai whatsapp call saja. Hehehe, apapun mungkin asal ada niatnya mah.

Mungkin jarak memisahkan, tapi hati tetap tertaut ko. Cieilaaaah~~  


Untuk teman-teman goodreaders yang biasanya mudik, namun masih stay di kota saat ini, tidak apa-apa. Suasana mungkin lebih sepi karena keluarga ada di kampung halaman dan rasa rindu yang tidak tersampaikan karena harus tetap disini dulu. Tapi ingat ya, kamu ga sendiri ko, kita melalui pandemi ini bersama-sama, dengan cara yang seperti ini, kita berusaha untuk menjaga diri kita, sekitar kita, untuk manfaat dan kondisi yang lebih baik bagi kita bersama. 

Stay strong and healthy as always yaaa goodreaders.. I believe we can get through this together, with smile, soon it will end and we can gather with our beloved ones, friends, coworkers and many people to share moments with.


Ke pasar beli ikan patin 
Jangan lupa membawa pena 
Mohon maaf lahir batin 
Buat kamu yang jauh di sana 

  
Taqabalallahu minna waminkum, ya goodreaders!
Have a blessed Ied!
Jangan kebanyakan makan opor sama sambal goreng ati yaa, biar nanti masih bisa kuat ngabisin setoples nastar dan kacang mete ;D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar