Lupa EFIN? 4 Cara Ini Solusinya

Assalammualaikum...
Holaaa Helaa, readers!


Lama tak jumpa yaa. Cepat sekali sekarang ternyata sudah masuk di akhir bulan Maret 2019 atau sudah hampir selesai Triwulan I 2019 ya. Nah loh? Ada apa ini tiba-tiba bahas triwulanan yaa? 

Well, untuk teman-teman yang sudah bekerja dan berpenghasilan pasti tidak lupa kan ya kalau kita sebagai seorang pribadi, Wajib Pajak (WP) harus melaporkan penghasilan kena pajak kita ke Direktorat Jenderal Pajak (DJP) setahun sekali? 

Biasanya batas waktu WP untuk lapor pajak itu akhir bulan Maret di tahun berikutnya. Jadi misalkan kita mau lapor pajak penghasilan (PPh) kita tahun 2018, berarti batas waktu terakhirnya itu bulan Maret tahun 2019, lebih tepatnya tanggal 31 Maret 2019. 

Oke, back to the main topic, untuk melapor pajak penghasilan kita, bisa langsung akses ke websitenya di: https://djponline.pajak.go.id/.

TTW1 - DJP Online

Setelah masuk di web ini, masalahnya adalah saya lupa passwordnya. Jengjengjeng~~~
Jadi saya klik lah "lupa password" di tampilan web tersebut, maka begini tampilannya:

TTW2 - DJP Online Lupa Password

Ada kolom NPWP, EFIN, lupa email dan kode keamanan. NPWP dan email sih saya ingat, yang jadi masalah adalah saya lupa EFIN. Terakhir kali saya minta EFIN adalah tahun lalu yang saya akhirnya dapat setelah mendatangi Kantor Pajak di daerah Jakarta Selatan (karena dekat dengan kantor jadi saya kesana sekalian berangkat ke kantor dan lupa taruhnya dimana amplop berisi EFIN-nya itu). Nah, ngebayangin kalau saya harus ke Kantor Pajak lagi saja saya males banget aduuh, belum ngantrinya, aigooo.

TTW 3 - Lupa EFIN (source: pajak.go.id)

Akhirnya, setelah cari-cari info nih, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk dapat EFIN tanpa ke Kantor Pajaknya alias mendapatkan EFIN Pribadi secara Online. But, kalau cara-cara ini tetap tidak berhasil, yes guys & girls, you have to go to Kantor Pajak terdekat untuk mendapatkan EFIN nya. Hehehe.

Kebetulan karena teman saya ada yang bekerja di Dirjen Pajak, kemarin dia share beberapa cara untuk dapat EFIN di facebook dia. Alhamdulillah, ada angin segar banget buat saya ini. Hahahaa, walaupun tetap ketar-ketir kalau misalkan cara ini ga berhasil.

Berikut 4 cara yang bisa kita lakukan nih kalau lupa EFIN ya:
TTW 4 - Cara Mendapatkan EFIN

1. Chat Pajak dengan Admin

Cara ini yang saya coba pertama kali karena memang langsung ada tampilannya di website pajak.go.id. Di bagian kanan bawah website pajak tersebut, ada bentuk chatbox yang nantinya akan dibalas oleh adminnya. Saat saya coba, chatbox itu kenapa tidak ada, akhirnya setelah berhasil saya coba dengan cara lain, chatbox-nya justru nampak di website-nya.
TTW 5 - Chatbox di Web Pajak

Jadi, caranya seperti kita sedang menanyakan status barang saat belanja online di chatbox ecommerce gitu. Kalian cukup memberikan info kalau ingin mendapatkan EFIN dengan mencantumkan data diri seperti yang sudah disebut di atas (NPWP, KTP dan beberapa data untuk verifikasi data pribadi kalian). Setelah itu, menunggu balasan dari adminnya saja untuk EFIN-nya.

2. Telfon ke KringPajak 1500200

Well, dari keempat cara yang saya sebutkan, menurut saya cara ini yang paling mudah dilakuin, tapi responnya susah karena jaringan line teleponnya selalu sibuk. Boleh sih kalau mau coba dulu.

3. Direct Message ke Twitter 

Masih ada dari readers yang rajin update status di Twitter? Pasti ada dong ya. Nah ternyata DJP kekinian juga dengan menambah channel untuk menjaring masyarakat modern sekarang lewat media sosial. Pertama-tama, harus punya akun Twitter dulu dan langsung follow akun Twitter @kring_pajak. Nah, cara ini yang berhasil saya lakukan nih. Jadi saya follow Twitternya, kirim Direct Message ke @kring_pajak dan saya menginfokan kalau ingin meminta EFIN secara online. 

Kemudian, tidak berapa lama, admin @kring_pajak merespon dan meminta data seperti NPWP, Nama, Alamat terdaftar, Alamat email/ No HP saat registrasi EFIN, dan tahun pajak SPT yang terakhir dilaporkan. Ada juga kolom pernyataan yang menyatakan kalau kita adalah yang bertanggung jawab atas data EFIN/NPWP yang didaftarkan. Setelah mengisi data tersebut dengan lengkap, kita akan dapat email/notif deh. EFIN...case closed!!

4. Visit Kantor Pajak Terdekat

Nah, kalau visit ke kantor pajak terdekat, bisa dicek saja lokasinya di web pajak.go.id atau googling ya. Dan usahakan datang ke kantor pajaknya lebih awal ya karena jam 8 saja sudah ada antrian sekitar 20 orang sih biasanya. 

Semoga bermanfaat untuk readers ya! Jangan lupa lapor pajak sebelum tanggal 31 Maret 2019 ya. Kalau kata Dirjen Pajak, "Orang Bijak Taat Pajak".

See you on the next post! \^,^/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar